Still I Rise*___ Maya Angelou

screenshot_20190924-145626.png
From: @bagianteduh

kau boleh menulis namaku dalam sejarah
dengan kepahitan dan kebohongan
kau boleh meletakkan aku di kakimu
tapi tetap, seperti debu, aku akan bangkit

apa kecantikanku menumbangkanmu?
Kenapa wajahmu ditimpa kemurungan?
Sedang aku berjalan seperti memiliki tambang minyak
dipompa langsung di rumahku

seperti bulan dan matahari
yang berlomba naik turun dengan pasti
seperti harapan bersemi
aku masih akan bangkit

kau ingin melihatku hancur?
menundukkan wajah dan merendahkan mata
bahu jatuh seperti air mata
dilemahkan tangis yang menggetarkan jiwa

apa keangkuhanku menyakitkan hatimu?
tak perlu kau terlalu keras
karena aku tertawa seperti pemilik tambang emas
tepat di halaman belakang rumah

kau bisa menyakiti aku dengan kata-kata
kau bisa membelah aku dengan tatap mata
kau bisa membunuh dengan kebencian
tapi tetap, seperti udara, aku akan bangkit

apa kemolekanku membuatmu kecewa?
apa kau terkejut?
aku menari seperti pemilik permata
tepat di pertemuan antara kedua belah paha

di luar dari pondok sejarah yang memalukan
aku bangkit
dari masa lalu yang berakar kepedihan
aku bangkit
aku laut hitam, melompat lebar,
mengalir dan beriak menghadap naik dan turun
meninggalkan malam penuh ancaman dan ketakutan
aku bangkit
menuju fajar bersih yang menakjubkan
aku bangkit
membawa hadiah yang diberikan pendahulu
aku adalah mimpi;
harapan bagi mereka yang direndahkan
aku bangkit
aku bangkit
aku bangkit

 

*Diterjemahkan bebas oleh: Ariel Amanda Kautajeng (@bagianteduh).

Published by masluhahjusli

I'm Psychology Student. I'm Moslem woman and i proud of my religion.

Leave a comment