Kenapa Sih Kita Perlu Menulis?

IMG-20180519-WA0026[1]

Untuk memulai tulisan pertamaku, I choose this topic, “ Kenapa sih kita perlu menulis?”

Sebagian besar dari kita mungkin sudah bosan mendengar, ataupun membaca perihal tersebut. Tapi tidak dapat dipungkiri memang, jika menulis adalah salah satu kunci peradaban. Bagaimana mungkin kita bisa mengenal berbagai disiplin ilmu layaknya Matematika, Psikologi, Biologi maupun disiplin ilmu agama, jika saja dulu para tokoh-tokoh tersebut berkepribadian malas. jika saja mereka semua pelit, dan tidak mau membagikan ilmunya lewat tulisan-tulisan mereka.

Ada satu kutipan yang layak kita baca: “Orang boleh pandai setingi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah” (Pramoedya Ananta Toer).

Benar memang, betapa banyak tokoh yang meninggal ratusan tahun lalu, tetapi ilmunya dan bahkan sejarahnya tetap kita kenal dan agungkan. Sebut saja Ibnu Sina (dalam ilmu kedokten), Al-Khawarizmi (dalam matematika), maupun Sigmund Freud (dalam psikologi) dan berbagai tokoh lain seperti Imam Al-Ghazali yang tentu saja juga terkenal dengan salah satu kitab karangannya yaitu Ihya’ Ulumuddin. Bukankah TereLiye, Asma Andya, Andrea Hirata atau bahkan J.K. Rowling yang terkenal dengan novel “Harry Potter” nya itu mengalami masa-masa kelam dan penolakan sebelum akhirnya menuai kesuksesan.

Menulis adalah seni, seni olah kata dan olah pikir, dimana dari berbagai ilmu maupun konsep pemikiran yang bejibun di kepala kita harus kita kelola menjadi beberapa bait kata yang enak untuk dibaca. Dengan begitu, disadari atau tidak, menulis memang bisa dijadikan sarana untuk mengembangkan komunikasi verbal kita yang berupa tulisan-tulisan. Dengan menulis, kita bisa menyampaikan apa yang tidak bisa disampaikan oleh lisan. Menulispun tentunya bisa menjadi sarana dakwah jariyah kita.

Namun, perlu diingat, menulis erat kaitannya dengan membaca. Jangan sampai seorang penulis suka bergelut dengan rasa malas untuk membaca. Bagimana kita bisa berkembang dan mengembangkan tulisan-tulisan kita? Dan bukankah kita juga menginginkan orang lain untuk membaca tulisan kita?

Mari berbagi dan membuat dunia mengenal kita lewat tulisan-tulisan kita. Tidak harus muluk-muluk kok, kita bisa mencoba menulis dari hal-hal yang kita temui di sekitar kita.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s